Menkominfo Sebut Sudah 49 Persen dan BTS Dapat Aktif Kembali

Menkominfo Sebut Sudah 49 Persen dan BTS Dapat Aktif Kembali

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yakni Rudiantara mengatakan bahwa sudah sebanyak 49 persen Base Transceiver Station (BTS) yang sudah ada di Palu saat ini sudah aktif.
Menurutnya, jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan hari pertama setelah gempa bumi yang mengguncang palu, Sulawesi Tengah.

“Hari pertama gempa, tengah malam hanya sebanyak 13 persen, kemudian besok nya 12 persen, kemudian meningkat lagi menjadi 45 persen, dan sampai hari ini 2 Oktober 49 persen. Pasokan listrik yang sudah berangsur ini membuat BTS dapat aktif kembali,” ujar Rudiantara di kantor Menkominfo, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Demikian, untuk pasokan listrik yang belum seutuhnya pulih, pihaknya masih memanfaatkan generator sebagai sumber listrik. Tetapi muncul permasalah lainnya, dimana penggunaan generatornya menggunakan bahan bakar solar. Dan bahan bakar solar pun ketersediannya sulit untuk didapatkan.

“Jadi genset dimasukan itu pun terkendala masalah solar, tetapi Pak Jonan (Menteri ESDM) akan support ketersediaan solar, ya solarnya abis mati lagi, tapi gapapalah yang penting ada,” ucapnya.
Rudiantara memiliki solusi lain untuk masyarakat yang tetap membutuhkan jaringan komunikasi. Ia menyebut PT Telkom menyediakan 38 titik wifi di Kota Palu yang bisa digunakan secara gratis oleh masyarakat.

“Masyarakat di sana bisa (menggunakan secara) gratis karena listriknya udah nyala kecuali kalau untuk petugas, terutama yang menyisir korban itu disediakan telepon satelit karena biar tidak terganggu (bila) tidak ada sinyal,” tuturnya.

Comments

Popular posts from this blog

Kepercayaan Bidang Industri Sudah Bagus, Produksi Manufaktur Kini Lebih Agresif

Rupiah Diprediksi Pelemahannya Terbatas

IHSG Telah Rebound Disaat Pasar Asia Tergelincir